Rabu, 06 April 2011

Perjalanan ke Kota Tua

Hey blog! long time no see :) miss you so much... pengen banget nge-post tapi bener bener lagi ngga ada ide. Hehehe. Okay sekarang gue mau nyeritain tentang perjalanan gue ke kota tua!!!! YEAY.
Senin, 28 Maret 2011 gue sama beberapa temen gue pergi ke kota tua.
Rencana awal adalah di hari itu gue bakal ngerjain sejarah presentasi abis itu langsung cabut ke rumah Ilsa bareng sama Tria. Tapi ternyata Ilsa ngga bisa di sms selama beberapa hari. Oleh karena itu akhirnya gue menerima ajakan Nadya Irsalina buat ikut kelompok mereka shooting TIK di kota tua. Sekitar pukul 10 gue dijemput Nadya Irsalina di dunkin di sebelah sekolah buat dianterin ke dunkin seberang. Rencana awal yang ikut ke kota tua adalah kelompok TIK Nadya Ir (Martina, Monyta, Nadya Neema, Ilham, & Nadya Ir) plus gue. Tapi akhirnya Pram ikut mendadak.
Abis itu kita ke dunkin seberang sekolah buat nungguin yang lain. Martina udah dateng dan kita menemuinya di saat dia lagi makan donat, waktu kita liat Martina makan donat dengan lahapnya spontan Nadya Ir bilang "Mar, ini donat ke berapa lo?" dengan wajah penuh amarah tp tetep ketawa ketawa aja Martina jawab "ENAK AJA! GUE BARU MAKAN SATU TAU!!!!!>:O"
Setelah itu gue ditraktir Nadya Ir donat 1 biji. Sambil nunggu yang lain akhirnya kita makan donat sambil ngobrol-ngobrol. Gue merogoh-rogoh tas Nadya Ir, bukan karena mau nyolong tapi karna gue mau pinjem SLR nya. Tapi ternyata dia cuma bawa camera digital kecil buat video. Akhirnya gue berniat untuk ngeliat isi tuh camera. Pas gue mau nyalain ga bisa nyala. Akgurnya gue tanya ke Nadya Ir "Nad, kenapa nih? kok ga nyala?" dengan muka panik Nadya nge cek camera nya. Dan ternyata camera itu batrenya abis.-_____-. Kita panik tapi akhirnya kita memutuskan buat pake camera hape aja buat videoin walaupun ga bakal sebagus camera digital. Setelah Monyta dateng kita memutuskan buat ketemuan sama Nadya Neema di Kp. Melayu aja supaya lebih cepet. Akhirnya kita naik 44 ke Kp. Melayu. Abis ketemu Nadya Neema kita langsung ke halte busway. Kita beli tiket seharga Rp. 3500!!! Kita sempet transit di beberapa tempat. Si tempat pertama Nadya Neema & Monyta ketinggalan bus gara-gara bercanda terus. Kejadian itu ke ulang lagi di tempat transit ketiga, tapi malangnya Nadya Neema. Dia cuma ketinggalan bus sendirian tanpa Monyta, dan harus naik bus selanjutnya sendirian.
Oh iya di busway kita sempet foto-foto loh! This is it :D

Akhirnya kita sampe di kota tua. Kita jalan ke areal kota tua. Niatnya kita mau ke museum Fatahilah. Sampe di pekarangannya kita disambut oleh bapak-bapak penyewa sepeda. Terus kita bertanya "pak museum Fatahilah di mana ya?" "oh museum fatahilah disitu?" jawabnya sambil menunjuk suatu gedung. "tapi karena hari ini hari Senin jadinya museum disini tutup." tambahnya. Pernyataan bapak itu sontak membuat kita kaget plus kecewa. Seakan dapat membaca pikiran kami sang bapak kembali berkata "tapi kalian tidak usah kecewa. Kita bisa anter kalian ke 5 tempat yang buka hari ini. Pertama ke pelabuhan sunda kelapa, terus ke museum bahari, terus ke jembatan kota intan, terus ke toko merah dan (dan satu lagi gue lupa-__- sorry), kita bisa anter pake sepeda. Kalian boncengan aja berdua berdua. Nanti satu orang yang ngga dapet pasangan bisa dibonceng sama kita. Bayarannya 120, tinggal dibagi 7. Mendingan kayak gitu daripada kalian disini tapi semua museum di sini tutup" akhirnya kita menyetujuinya. Awalnya Monyta&Nadya Neema, Pram&Ilham, Gue&Nadya Ir, Martina&bapak penyewa sepeda. Tapi gara gara Ilham sering berenti di tengah jalan, dengan bangga Martina berkata "udah deh Surv(panggilan Martina ke Ilham) sini gue aja yang bonceng Pram. Lo di bonceng bapak itu aja!" dengan pasrah Ilham menjawab "yaudah deh". Dan terjadilah pertukaran pasangan tersebut.
Tujuan awal adalah pelabuhan sunda kelapa. Di sana berisi kapal kapal sejak jaman belanda. Gue ada fotonya nih. :)
Nah abis itu tujuan kedua kita ke museum Bahari. Ternyata museum itu ngga buka, tapi karena bapaknya ada nego sedikti sama penjaga museum akhirnya kita dibolehin masuk. Museum nya sepi banget kita sedikit boring disana. Tapi kita kasian sama bapaknya. Gue gaada fotonya, tapi kalo kalian mau tau kayak gimana, nih kayak gini....


Nah perjalanan dilanjutkan ke jembatan kota intan. Jembatan ini dulunya satu-satunya jembatan yang menghubungkan barat dan timur. Dimana disitu juga menghubungkan pemukiman orang eropa, orang pribumi, orang tionghoa, dan orang arab. Dulu jembatan ini akan terbuka bila ada kapal yang lewat. Keren ngga sih? kayak di luar negri kan? This is it..

Setelah itu kita ke toko merah. Sebagai akhir dari perjalanan kita. Soalnya satu tempat lagi gue lupa kita kemana-__-. Jadi toko merah itu gedung yang dulu punyanya orang Tionghoa, karena persaingan dagang dengan Eropa orang Tionghoa tersebut di bantai-bantain di gedung tersebut. Lalu mayatnya dibuang ke sungai yang ada di seberang gedung tersebut. Lalu gedung itu dipakai buat orang Eropa. Setelah Indonesia merdeka gedung itu dijadikan semacam Club, Bar, atau diskotik. Karena itu sekarang gedung itu ditutup oleh pemerintah. Kadang gedung itu diapakai untuk shooting film horror, karena mungkin ada sejarah pembantaian tersebut. Tapi pemakaian gedung itu harus dengan ijin pemerintah setempat. Penasaran sama gedungnya? nih fotonyaa :D

Nah setelah itu kita istirahat dan makan kita pulang deh pake busway lagiiii.
Perjalanan yang melelahkan tapi juga sangat menyenangkan :DD Menambah ilmu juga, kita cenderung lebih suka kalo langsung ke tempat sejarah itu :) coba bus Suryati kayak gitu ya :p wkwkw~
okedeh sekian post gue hari ini yaaa. Semoga bermanfaat!

6 komentar:

  1. serunyaaah jalan bareng naik buswaay -_- kapan2 ngajak aku doongg

    BalasHapus
  2. hehehe :DD
    gamau ah kalo ada kamu jadi ga seruuuuu ._.

    BalasHapus
  3. siallll -_- ivi ivi masa td aku denger dr ceritanya mama tamii katanya bb kamu sm tria ilaang? turut berduka cita yaah :'''''(

    BalasHapus
  4. iyaa chris :( doain cptcpt ada gantinya yaa :'(

    BalasHapus
  5. iyaa aminaminn ;)pasti dr kejadian ini ada hikmahnya kook

    BalasHapus
  6. iyaaaa chriiiiiisssssss :(
    sedihnya masih sampe sekarang masaaaaaa:o

    BalasHapus